Menyiapkan Lingkungan Belajar

Tk  atau satuan Paud lain nya perlu di diseain agar menarik dan fungsional untuk bermain dan belajar. menurut ki hajar dewantara,Tk/Paud sebaiknya dirancang sehingga merupakan “taman” bagi anak. Tk,Play group atau tempat bermain perlu dirancang sebaik mungkin agar aman ,nyaman,dan kondusif untuk belajar anak .aman nyaman dan kondusif merupakan tiga kriteria utama dalam merancang tk .

Keamanan perlu mendapat perhatian utama.jangan sampai anak mendapat musibah karna tidak amanya lingkungan tk.untuk itu perlu ada sistem keamanan untuk menghidari masuk nya orang lain yang ingin berbuat jahat .sebaiknya sekolah dilengkapi pagar agar anak tidak dapat keluar dari lingkungan sekolah.jika anak keluar dari lingkungan sekolah dikhawatirkan akan terjadi hal-hal yang tidak dinginkan .seperti ,mendapat kecelakaan dijalan,hilang atau pergi ketempat teman-teman nya sehingaa orangtua nya kebingungan mencarinya.taman bermain dan tk sebaiknya memiliki hal-hal berikut.

  1. Ruang kantor
  2. Ruang administrasi
  3. Ruang kelas
  4. Taman bermain
  5. Kamar mandi
  6. Dapur
  7. Gudang

Sementara untuk tk ruang kelas di disaein lebih formal dan mengakomodasi pojok belajar (learning center).tk hendak nya nyaman seperti hal nya taman bagi anak usia dini .halaman yang luas sangat di senangi  oleh anak karna  memberi ruang gerak yg cukup bagi anak .anak suka bermain kejar- kejaran dan berguling- guling di lapangan  (run andtumble play).

Nyaman juga memiliki pengertian bahwa fsilitas tk dirancang untuk anak .kamar mandi,toilet,wastafel,meja,kursi.papan tulis,dan alat alat permainan dirancang sesuai dengan ukuran anak bukan untuk ukuran orang dewasa dengan demikian anak dapat menggunakan fasilitas tersebut dengan nyaman.

Secara umum komponen tk atau satuan paud meliputi:

  1. Halaman muka dengan tempat parkir dan tempat tunggu orang tua
  2. Ruang guru, ruang kantor/staf dan ruang kepala sekolah
  3. Ruang kelas ,center, ruang perpustakaan ,dan ruang teknologi
  4. Tempat bermain di  dalam ruang (indoor)
  5. Tempat bermain dihalaman belakang (outdoor)
  6. Gudang ,tempat penyimpanan peralatan bermain dan belajar
  7. Dapur dan ruang makan
  8. Ruang UKS /ruang istirahat
  1. 1.     Penataan Ruangan

Ruangan atau kelas untuk anak tk perlu dirancang agar meyenangkan .warna warna terah dan riang sangat disukai anak akan tetapi jangan terlalu ramai warna karna akan mengalihkan perhatian anak.cahaya matahari di usahakan dapat masuk dengan baik agar kelas tidak gelap.pastikan semua anak dapat melihat ke papan tulis dengan baik .

Usahakan kelas sebagai lingkungan belajar kemana pun ank menghadap iya belajar .dinding diatas papan tulis dapat di beri huruf abjat yang berukuran besar agar anak mulai mengenal papan tulis sebaiknya agak rendah agar anak dapat mencapainya sediakan selalu alat tulis di dekat papan tulis untuk merangsang anak menulis.

Bebagai gambar dapat dipasang di dinding gambar yang menunjukan keterampilan hidup perlu di sediakan seperti ,gambarbagaimana menyebrang jalan ,memakai kaos kaki,memegang pensil,menali sepatu,mencuci tangan,makan dengan sendok ,bersalaman,dan beseragam yg benar .

Di kelas perlu disediakan tempat untuk memajang dan menyimpan hasil karya anak .karya anak perlu dipajang biasanya untuk waktu satu minggu .hal itu akan memberi kebanggaan pada anak akan karya nya

Meja dan kursi disesuaikan dengan ukuran anak dan fleksibel penataanya .kadang meja dan kursi dapat di geser untuk memberi kesempatan anak berkelompok dengan siswa yang berbeda-beda.biasanya setiap anak satu meja dan kursi yang mana meja tersebut memiliki laci yang berisi pewarna,lem,dan alat tulis.

Kelas dapat di gunakan untuk bermain dalam ruangan/indoor play oleh karena itu bagian depan dapat di beri karpet agar anak dapat duduk dan tiduran.kelas sebaiknya dilengkapi dengan berbagai alat pembelajaran ,seperti papan paku ,model jam balok dan berbagai manipulatif .

Kelas pada dasar nya adalah lingkungan belajar .oleh karna itu kelas perlu di disain sedemikian rupa sehingga kemampuan anak menghadap ia belajar sesuatu.

Beberapa sudut yang terdapat diruang kelas/setting sudut belajar:

  • Sudut keluarga
  • Sudut seni
  • Sudut matematika dan sains
  • Sudut pendidikan jasmani
  • Sudut membaca dan menulis
  • Sudut teknologi
  1. 2.     Pusat-Pusat Kegiatan

Pusat kegiatan mempersiapkan anak mengenal tulisan huruf dan menghitung .kegiatan ini guna membantu anak .

  1. Area Agama

pada area agama ada bermacam macam alat dan permainan yang dapat membantu perkembangan anak untuk mengenal hal- hal yang mencakup tentang agama

contoh : ada bacaan kalimat toyibah,tulisan dan bacaan doa ,ada gambar yang mencotohkan bagaimana cara gerakan sholat dan macam rumah ibadah.

  1. Area drama

Adalah pusat anak untuk bermain peran atau sosio drama .alat yang terdapat di area ini seperti gambar-gambar profesi,boneka,media bekas

  1. Area balok

Disini anak melakukan kegiatan menyusun membagun balok menjadi menara atau menjadi bangunan dan bermain puzzle.

  1. Area bahasa

Alat permainan nya buku cerita majalah( story reading ).kartu huruf kartu kata.

  1. Area IPA

Permainan di area ini adalah bentuk biji-bijian benda-benda. Pencampuran warna.

  1. Area musik

Seperti:Piano,tipe,angklung,

  1. Area memasak

Semua sarana untuk memasak

  1. Area seni

Sarana yang dipakai :Crayon, pewarna.cat,lem ,kertas lipat,gunting

  1. Area berhitung

Sarana yang dipakai :kartu angka ,gambar benda-benda yang dapat digunakan untuk berhitung

  1. Area bak air dan bak pasir
  1. Area di luar kelas (outdoor)
  1. 3.     Penataan Alat-Alat Permainan

Penataan alat permainan bertujuan untuk menarik anak untuk memilih mainan yang di sukai Penataan alat main sesuai dengan jenisnya memberi pengetahuan kepada anak tentang pengelompokan benda

Penataan alat permainan seharusnya  memastikan agar lingkungan tempat berada permainan agar tidak ada benda-benda bahaya.

Permaian seperti jungkit-jungkit,ayunan,panjat tali,papan seluncur dan balok keseimbangan dan tangga  amat baik untuk perkembangan fisik motorik anak .sebaik nya pihak sekolah dapat menata permainan di atas di halaman sekolah dengan baik untuk menghindari kecelakaan di waktu anak bermain .

Alat permainan di dalam ruangan (indoor). Guru serta peserta didik sebaiknya dapat menata dengan baik dan tidak bertumpu di satu tempat .

Dengan adanya penataan alat permainan dapat memberi pengajaran terhadap anak supaya dapat tertanam sifat tanggung jawab di dalam diri anak

Contohnya: di waktu anak bermain di dalam kelas, guru dapat memberitahu kepada anak-anaknya “sesudah bermain anak-anak ibuk kumpulkan lagi mainannya        sesuai tempat nya tadi “dengan itu akan mejadi kebiasaan yang baik, yang dapat menciptakan sifat tanggung jawab atas apa permainan yang dimainkan oleh anak .dan juga dapat tercipta rasa saling tolong-menolong antara peserta didik .

  1. 4.     Merancang Lingukngan Outdoor/Belajar di Luar Lapangan

sisi terbuka (outdoor)terdiri atas lapangan  rumput dan alat permainan alat per mainan tersebut meliputi :ayuanan(swing),jungkat-jungkit (balance),panjatan,pajat tali papan titian,balok keseimbangan,papan luncur.dan dapat juga di tambah tempat bemain seperti bak pasir, bak air.

  1. Lapangan rumput

Lapangan rumput sangat di gemari oleh anak –anak untuk berlari dan berkejar-kejaran. anak dapat bermain dan jatuh berguling tanpa terluka, berlari dan jatuh seperti itu sangat baik untuk mengembangkan tulang yang kuat dan kokoh pada anak .lapangan rumput dengan dasar tanah dan pasir dapat tidak menyebabkan anak sakit bila terjatuh.

  1. Tempat berkebun

Tempat berkebun terdiri atas tanah terbuka dan di lengkapi dengan alat alat berkebun seperti cetok,sekop,dan alat berkebun lain nya.biasanya tempat berkebun diletakan dekat dengan sumber air.anak anak dapat mananam berbagai macam tumbuhan,merawatnya dan mengamati hasil nyadengan demikian anak dapat belajar langsung dari alam

  1. Alat permainan

Halaman bermain hendaknya dilengkapi dengan alat permainan Seperti Ayuanan(swing),jungkat-jungkit(balance),panjatan,pajattali,papan titian,balok keseimbangan,papan luncur,pada umum nya permainan tersebut mengembangka motorik kasar,kekuatan,kecekatan ,dan keseimbangan tubuh

Contoh :memanjat dapat mengembangkan otot tubuh dan keseimbangan tubuh anak

  1. Bak Pasir

Bak pasir sebaiknya dilengkapi dengan ciduk atau gelas plastik ,dengan berbagai ukuran,sendok,skop dan ember, dengan bermain bak pasir dapat membuat bangunan atau menara.mereka akan mengisi ciduk yang besar dengan ciduk yang kecil sambil menghitung.hal tersebut dapat melatih awal konservasi volume

  1. Bak air

Anak anak amat senang bermain air .ada berbagai alat perlengkapan untuk bermain air seperti :gelas plastik ,ciduk  dan benda-benda yang terapung dan tenggelam di air.anak dapat belajar berbagai sifat air dan konservasi volume zat cair

Buku sumber :

Suyanto slamet.2005. Buku Konsep Dasar Aud. Departemen Pendidikan Nasional:jakarta.

http://www.readmore99.com/praktik-pembelajaran-constructivisme-pada-pendidikan-anak-usia-dini-secara-holistik-suatu-tinjauan-kritis

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s