ANALISIS ARTIKEL ARTIKEL KEHAMILAN Ibu Hamil Sulit Tidur ?

Ketika kehamilan memasuki trimester ketiga, sederet keluhan pasti dirasakan oleh ibu hamil. Tak hanya penambahan berat badan, tapi juga rasa pegal di bagian punggung dan nyeri di bagian tulang belakang juga di sekitar pinggang. Akibatnya, ibu hamil cenderung mengeluh sulit beristirahat, sehingga waktu tidur pun menjadi lebih sedikit.

Ketidaknyamanan ini biasanya diakibatkan karena perubahan fisik yang terjadi. Selain rahim yang membesar sehingga mempersulit posisi tidur, perut yang besar juga akan menekan usus ke atas sehingga mendesak diafragma, akibatnya ibu hamil jadi susah bernapas.

Belum lagi, janin yang membesar sering kali menekan kandung kemih ibu. Akibatnya, sebentar-sebentar ibu ingin buang air kecil dan ini membuatnya harus bolak-balik ke kamar mandi. Keadaan ini pun semakin membuat ibu hamil menjadi sulit beristirahat dan tidur.

Cara mengatasinya:

  • Cobalah mengatur posisi tidur. Secara medis, ibu hamil dianjurkan untuk tidur dengan posisi miring ke kiri. Dengan posisi ini maka rahim tidak menekan pembuluh darah besar yang dapat mengganggu aliran darah dari ibu ke janin. Sehingga asupan darah untuk pertumbuhan janin pun tetap berjalan baik.
  • Agar terasa lebih rileks, cobalah ganjal kaki dengan bantal. Dari tumit hingga betis dengan dua bantal, dan dari lutut hingga pangkal paha diganjal dengan 1 bantal. Posisi ini memungkinkan ibu hamil merasa lebih nyaman karena seluruh bagian kakinya memiliki penahan.

Posisi yang tidak dianjurkan:

  • Posisi tidur telentang. Pasalnya, selain posisi ini dapat menghambat aliran darah dari ibu ke janin, ibu pun akan terasa sesak saat bernapas.
  • Hindari posisi tidur meringkuk dan tengkurap. Posisi tidur berpotensi menimbulkan sakit di perut, pinggul, dan rasa pegal di punggung. Hal ini karena berat janin menekan jaringan-jaringan di dalam rahim yang berhubungan dengan paha dan punggung.

http://bayikita.wordpress.com/2008/08/17/ibu-hamil-sulit-tidur/

 

ANALISIS :

Menurut pendapat saya,Memang benar ,Seiring usia kehamilan tua, semakin membesar perut dan semakin susah bergerak, sehingga menjadi susah tidur. posisi telentang pun mengakibatkan sulit bernapas. Meski sebenarnya posisi tidur bagi ibu hamil dianjurkan menghadap sebelah kiri. Karena Posisi ini diyakini dapat mencegah varises, sesak napas, bengkak pada kaki, sekaligus mampu memperlancar sirkulasi darah sebagai asupan penting bagi pertumbuhan janin. Sehingga asupan darah untuk pertumbuhan janin pun tetap berjalan baik.menurut pendapat yang lain selain pada posisi tidur juga bisa dikarenakan gerakan bayi dalam kandungan,si Ibu kegerahan, kecapean atau timbul rasa stress sehingga menganggu psikis dan berimbas pada kesulitan untuk tidur.

Tapi menurut pendapat yang ahli, Khusus untuk kehamilan trimester tiga, cermati juga hasil USG. Bila terlihat posisi punggung janin berada di belahan kanan maka posisi tidur ibu sebaiknya miring ke kanan. Kalau ibu bertahan tetap pada posisi miring ke kiri, janin seolah-olah jatuh tertelungkup. Akibatnya, si kecil akan terus-menerus meronta dan membuat tidur ibu terganggu.

 

 

 

Kekurangan Asam Folat pada ibu hamil dapat menyebabkan cacat pada bayi

5 FEBRUARY 2009 6 COMMENTS

Kekurangan Asam Folat pada ibu hamil, berdasarkan penelitian, bisa menyebabkan terjadinya kecacatan pada bayi yang dilahirkan. Bayi mengalami kecacatan pada otak dan sumsum tulang belakang.

Menurut dr. Noroyono Wibowo SpOG, kepala subbagian Fetomaternal Departemen Obestetri dan Ginekologi Fakultas Kedokteran Universitas Indonesia (FKUI), dalam Semiloka Manfaat Asam Folat yang diselenggarakan di Jakarta beberapa waktu lalu, Asam Folat merupakan Enzim yang memproduksi DNA (Deoxyribose Nucleic Acid).

Asam Folat juga penting dalam membantu pembelahan sel. Asal Folat juga bisa mencegah Anemia dan menurunkan resiko terjadinya NTD (Neural Tube Effects) dan sebagai antidepresan.

Sering kali para ibu tidak menyadari dirinya kekurangan Asam Folat karena sebagian besar kehamilan terjadi tanpa direncanakan. “Kebanyakan Pasutri (Pasangan Suami Istri) tidak pernah merencanakan kehamilan, tahu-tahu ibu langsung hamil setelah telat datang bulan. Mereka baru datang ke dokter setelah positif hamil beberapa minggu”.

Karena itu, ibu sering tidak membekali diri dengan gizi yang mencukupi ketika sebelum dan sesudah melahirkan. “Kalau kehamilan direncanakan, maka ia akan mempersiapkan gizi yang baik sebelum hamil karena kebutuhan Asam Folat harus disiapkan sejak sebelum kehamilan”.

Di Indonesia sendiri belum ada data pasti berapa prevalensi adanya penyakit kelainan sumsum tulang belakang. “Jumlah angka kematian bayi di Indonesia masih relatif tinggi. Kematian bayi ini masih belum diidentifikasikan penyebabnya karena belum adanya data. Salah satu penyebab kematian adalah kekurangan Asam Folat”, ujar Bowo.

Kekurangan Asam Folat menyebabkan bayi lahir dengan Bibir Sumbing, Bayi lahir dengan berat badan rendah, Down’s Syndrome, dan Keguguran. “Bayi mengalami kelainan pembuluh darah, rusaknya endotel pipa yang melapisi pembuluh darah, menyebabkan lepasnya plasenta sebelum waktunya”.

Kelainan lainnya adalah bayi mengalami gangguan buang air besar dan kecil, anak tidak bisa berjalan tegak dan emosi tinggi. Pada anak perempuan, saat dewasa tidak mengalami menstruasi. Pada ibu hamil, kekurang Asam Folat menyebabkan meningkatnya resiko Anemia, sehingga ibu mudah lelah, letih, lesu dan pucat.

Sumber makanan yang mengandung Asam Folat dalah Hati Sapi (liver), brokoli, jeruk, bayam, dan sebagainya. “Roti dan Susu juga mengandung Asam Folat tinggi karena kini susu dan tepung terigu telah difortifikasi mengandung Asam Folat”, jelas dr. Tim Green PhD dan Department of Human Nutrition University of Otago New Zealand. Hanya saja, hati sapi mengandung vitamin A cukup tinggi yang tidak dianjurkan diberikan kepada ibu hamil karena dapat menyebabkan gangguan kahamilan, oleh sebab itu digantikan oleh Susu.

Kebutuhan Asam Folat untuk ibu hamil dan usia subur sebanyak 400 mikrogram/hari atau sama dengan 2 (dua) Gelas Susu. “Mengkonsumsi Asam Folat tidak hanya ketika hamil, tetapi sebelum hamil juga sangat dianjurkan. Banyak negara telah melakukan kebijakan dalam pengurangan NTD dengan memwajibkan ibu mengkonsumsi Asam Folat”. [ibuhamil.com]

http://bayidananak.com/2009/02/05/kekurangan-asam-folat-pada-ibu-hamil-dapat-menyebabkan-cacat-pada-bayi/

ANALISIS :

Menurut saya :Kekurangan asam folat memang tidak baik untuk ibu hamil, karna asam folat sangat besar manfaat bagi wanita hamil. Asupan asam folat yang cukup sebelum dan selama kehamilan akan mencegah timbulnya cacat bawaan otak dan saraf tulang belakang (Neural Tube Defect) pada bayi.

Sejumlah studi ilmiah menyatakan kalau asupan asam folat rendah atau kadar asam folat yang rendah dalam darah bisa memicu perkembangan penyakit jantung koroner. Banyak studi yang menghubungkan rendahnya kadar asam folat dengan peningkatan kadar homocysteine. Homocysteine dinyatakan sebagai faktor risiko utama penyakit jantung yang bisa merusak lapisan dinding arteri. Hal tersebut bisa dicegah dengan mengontrol asupan asam folat. menurut ahlinya Dengan asupan asam folat yang cukup pada masa sebelum dan selama kehamilan yaitu sekitar 0.4 – 0.8 mg per hari, risiko timbulnya NTDs pada bayi dapat diturunkan hingga 80%. Pada ibu hamil asam folat juga bermanfaat untuk mencegah anemia, keguguran dan kelahiran prematur. Meskipun banyak manfaat yang bisa didapat dari asam folat, untuk wanita hamil konsumsi asam folat  sebaiknya tidak berlebihan. Para peneliti di McGill University mengemukakan bahwa nutrisi asam folat berlebihan bisa menimbulkan gangguan pada kehamilan. Berat lahir dan tinggi badan yang rendah ditemukan pada wanita hamil yang mengkonsumsi asam folat 5-10 mg sehari.

 

Hamil Selama Bekerja

Posted on November 9, 2008 by –

Oleh: Katerina Tiapula

Pada tiga bulan pertama biasanya terjadi penuh kegelisahan, mual-mual, lelah dan gejala-gejala menantang lainnya. Belum lagi Anda juga berkutat dengan deadline, berkas kerja dan menemui banyak orang. Mungkin, semua bisa ditunda sampai setelah Anda sarapan.

Sedikit masukan, cari kelompok teman atau saudara pendukung yang baik dengan sejumlah solusi yang nyata. Ibu dan teman-teman Anda yang juga bekerja selama kehamilan mereka bisa menjadi sumber pengetahuan yang sangat membantu. Teman-teman Anda tahu gaya berpakaian Anda dan mengerti urusan kebutuhan pakaian ibu hamil dari sepatu yang baik selama kehamilan hingga rok yang tidak pernah mengerut saat perut membesar. Pergunakan waktu Anda untuk mencari pakaian hamil yang pantas serta modis untuk bekerja. Anda kan juga perlu merasa enak dan nyaman. Kini ada banyak toko yang memiliki sederetan pakaian hamil yang terjangkau, bagus serta nyaman yang didesain untuk bekerja.

Kadangkala nasihat dari orang lain bisa berisiko jadi lakukan apa yang kedengarannya baik bagi Anda dan hati-hati terhadap obat-obatan oral tanpa berkonsultasi dengan dokter terlebih dahulu.

Cukup sulit rasanya menghadapi deadline ketika Anda lelah. Beritahukan pada bos bahwa Anda sedang mengandung dan buatlah pilihan mengenai pekerjaan yang cocok dengan kondisi Anda. Anda mungkin ingin pekerjaan yang tidak terlalu berat atau terlalu menuntut selama masa-masa ini. Lebih baik membahasnya dengan bos diawal kehamilan daripada kemudian menghadapi atasan yang tidak puas dengan performa kerja Anda kedepannya.

Atur waktu kerja sehingga Anda memiliki puncak waktu produktif dan istirahatlah yang sering. Itu benar membantu lho tapi butuh sedikit penyesuaian. Energi fisik Anda tengah dialihkan untuk membesarkan bayi dan Anda perlu makan makanan kaya energi serta istirahat yang berkala. Duduk lama bisa menyulitkan tubuh Anda. Istirahatlah supaya Anda bisa meregangkan tubuh dan sedikit bergerak sejenak. Tentunya Anda tetap akan menjadi lelah tapi jadi tidak cemas soal deadline dan jujur saja, pengorganisasian (pengaturan) bukan ide yang buruk untuk seorang ibu.

Tiga bulan kedua dan ketiga diisi dengan perkembangan dan perubahan. Meskipun Anda tidak akan selelah seperti saat tiga bulan pertama, tubuh Anda akan mengalami perkembangan seluruhnya yang mungkin akan membuat Anda senang ataupun tidak terlalu senang akan hal itu. Itu normal. Normal pula bagi rekan yang tidak memiliki anak jika mereka tidak tahu pasti soal kapan dan apa yang akan dibicarakan.

Cobalah menjadi seorang yang pengertian saat rekan mulai berbicara pada perut Anda dan bukannya Anda. Berkomentar mengenai kemampuan Anda bekerja, atau kurang menghargai performa kerja Anda itu seringkali terjadi. Cobalah untuk mengerti bahwa mereka tidak begitu paham bagaimana perubahan yang menakjubkan ini bisa terjadi sedangkan Anda tetap masih bisa bekerja. Bagi sejumlah orang, mungkin satu jerawat kecil atau gaya rambut yang jelek saja bisa mengganggu penampilan kerja mereka. Seorang teman yang baik bisa menambahkan bumbu humor kedalam semua itu. Dan itu bisa meningkatkan mood serta melihat dengan cara pandang yang lain.

Pijat-pijat kecil kaki Anda setelah seharian bekerja dan gunakan kompres dingin. Ini akan mengurangi ketegangan pada kaki Anda dan membantu sirkulasi. Ini juga membantu untuk kram kaki yang kerap terjadi pada sejumlah perempuan selama kehamilan.

Tip terbaik adalah dengan mendapatkan sedikit latihan untuk melancarkan peredaran darah. Baiknya, sisihkan waktu selama sepekan itu. Pilates, prenatal yoga dan berenang adalah latihan yang baik dilakukan selama hamil. Sekarang ini ada banyak studio yoga yang menawarkan kelas pelatihan untuk ibu hamil. Berenang adalah latihan yang sangat bagus yang akan mengurangi ketegangan otot dan mengangkat beban dari punggung Anda. Berjalan bisa cukup sulit dilakukan di tahap-tahap akhir kehamilan tapi sampai menuju beberapa minggu terakhir itu, berjalan-jalan di taman itu baik sekali untuk mendapatkan udara segar dan peregangan. Yang penting hindari olah raga baru atau olah raga yang penuh ketegangan lainnya dalam beberapa bulan ini.

Dan tentunya, usahaka untuk istirahat sebanyak yang Anda bisa. Tubuh Anda berubah dengan cara yang menakjubkan dan butuh energi yang banyak untuk melakukannya.

http://bayikita.wordpress.com/2008/11/09/hamil-selama-bekerja/

Sumber: Bekerja disaat Hamil | Kehamilan http://keluargacemara.com/kesehatan/kehamilan/bekerja-disaat-hamil.html#ixzz1uZb35IYC
Under Creative Commons License: Attribution Non-Commercial

 

 

ANALISIS:

Menurut saya ada benar nya juga Ibu hamil selama bekerja yang berlebihan akan menghadapi resiko yang merugikan bagi dirinya sendiri karena di masa hamil bulan pertama sampai ketiga kondisi kehamilan masih lemah dan membutuhkan istrahat ,ketenangan fikiran serta gizi yang mencukupi,sedangkan dengan berkerja semua yang dibutuhkan itu kurang terpenuhi dengan baik .Tapi perlu di pahami juga  bahwa selama masa kehamilan yang mulai  kuat, wanita hamil malah dianjurkan aktif melakukan kegiatan seperti olahraga dan sebagainya. Terlebih selama masa kehamilan ada kecenderungan kurang gerak yang kurang baik bagi kehamilan dan proses persalinan itu sendiri.tapi,Bila memutuskan untuk tetap bekerja, pikirkan baik-baik  transportasi ke tempat kerja sehingga tidak meningkatkan resiko yang tidak diinginkan. Pertama hindari sarana transportasi dimana anda harus berdesak-desakan atau berdiri dalam waktu lama. Dalam bekerja juga tetap harus diingat bahwa prioritas pertama anda saat ini adalah jabang bayi dalam kandungan. Jadi selalu hindari terlalu memaksakan diri dalam melakukan pekerjaan atau jangan sampai terlalu lelah.

Menurut pendapat ahli, selama tidak ada masalah dalam proses kehamilan atau tidak memiliki pengalaman keguguran, tidak ada alasan bahwa anda harus berhenti bekerja. Dengan bekerja berarti anda juga membuat badan terus bergerak. Ini juga menjaga ritme hidup tetap terjaga dengan baik.

ARTIKEL PERSALINAN

Pilihan Cara Bersalin Masa Kini: Gentle Birth

Metode persalinan gentle birth memang sedang banyak diminati oleh calon ibu di dunia, terutama di kalangan public figure. Sebut saja Demi Moore, Gwyneth Paltrow, Katie Holmes, Oppie Andaresta, dan sebagainya, pernah mencoba teknik ini dan merasakan manfaatnya.Sebelum Anda mencoba, apakah adakah hal yang harus diperhatikan?

Menurut dr. Ali Sungkar, SpOG spesialis kandungan dan kebidanan FKUI-RSUPN Cipto Mangunkusumo, Jakarta, gentle birth merupakan metode persalinan yang menggabungan persiapan pikiran dan mental dengan latihan self hypnosis atau hipnosis ddiri, sejak awal kehamilan hingga proses persalinan berlangsung. Metode persalinan bisa dilakukan secara konvensional maupun alternatif. Syaratnya, kehamilan harus bebas risiko sama sekali dan bukan kehamilan kembar.

Sementara menurut Lanny Kuswandi, pakar hypnobirthing dari Pro V Klinik, Jakarta, gentle birthmerupakan proses persalinan alami yang berlangsung dengan lembut untuk menyambut jiwa yang lahir ke dunia. Penolong dan pendamping harus membantu dengan tenang dan suara yang lembut, sehingga pada saat bayi lahir, suasana di sekelilingnya tenang, hening dan penuh kedamaian. Hal ini bertujuan agar ibu tetap dapat mempertahankan kondisi relaksasi yang dalam (meditatif) selama persalinan berlangsung.

Jika Anda ingin mencoba berbagai pilihan gentle birth, ada beberapa persyaratan yang harus Anda penuhi terkait kondisi kesehatan dan kehamilan. Antara lain:

  • Tidak berada pada rentang usia untuk hamil yang berisiko tinggi, yaitu di atas  35 tahun.
  • Merupakan kehamilan tunggal, bukan kembar.
  • Selama masa kehamilan tidak ada masalah kesehatan berarti pada ibu dan janin.
  • Posisi janin normal dan tidak memiliki risiko mengalami gangguan kesehatan.
  • Tidak ada gejala cairan ketuban pecah dini.
  • Tidak ada riwayat komplikasi kehamilan maupun persalinan sebelumnya.

alinan.sulit/001/001/549/13/persalinan/4

http://www.ayahbunda.co.id/Artikel/Gizi+dan+Kesehatan/Kelahiran/pilihan.cara.bersalin.masa.kini.gentle.birth/001/001/939/14/3

ANALISIS:

Menurut saya,seperti yang saya pernah baca.banyak mempunyai keuntungan salah satunya untuk mengurangi rasa nyeri serta memberi rasa nyaman saat persalinan

persalinan masa kini banyak ahli berpendapat bahwa mempunyai keuntungan atau manfaatnya.Water Birth merupakan suatu bentuk hydrotherapy, metode ini efektif dan bermanfaat dalam penanganan nyeri pada kondisi seperti lower back pain (yang umumnya menjadi keluhan ibu saat persalinan)menurut penelitian mafaat gentle birt Mengurangi rasa sakit Memberikan rasa nyaman dan rileks karena semua otot yang berkaitan dengan proses persalinan menjadi elastis Lebih bebas bergerak dan pindah posisi Mengurangi perobekan perineum (daerah antara vagina sampai anus) sehingga tidak perlu dilakukan episiotomi (penjahitan). Di dalam air proses pembukaan jalan lahir relatif lebih cepat  Metode ini mempermudah proses mengejan, sehingga rasa nyeri selama persalinan tidak terlalu dirasakan

dan juga ada manfaat juga yang didapat oleh bayi seperti:Mencegah trauma atau risiko cedera kepala bayi,Kulit bayi lebih bersih Menurunkan risiko bayi keracunan ketuban.  Meskipun belum dilakukan penelitian mendalam, pakar kesehatan meyakini bahwa lahir dengan metode ini memungkinkan IQ bayi menjadi lebih tinggi dibandingkan dengan bayi yang lahir dengan metode lain,  Peredaran darah bayi lebih baik, sehingga tubuh bayi akan cepat memerah setelah dilahirkan.

Kelemahan Water Birth: Kemungkinan air kolam tertelan oleh bayi sangat besar ,Bayi dapat berisiko mengalami temperature shock jika suhu air tidak sama dengan suhu si ibu saat melahirkan yaitu sebesar 37 derajat celcius. Harper melaporkan bahwa water birth efektif untuk menangani nyeri persalinan . Water Birth memiliki banyak keuntungan dibandingkan dengan metode persalinan tradisional. Ini dihubungkan secara signifikan dengan adanya pemendekan persalinan kala I,pengurangan angka episiotomi, dan penggunaan analgesik, jika dibandingkan dengan persalinan lainnya. Jika saja ibu hamil yang diseleksi memenuhi kriteria, dan memperhatikan kebersihan, metode water birth aman bagi ibu dan bayi.

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s