Analisis pertanyaan Kolaborasi guru dan orang tua

 

  1. 1.         Jelaskan pentingnya kolaborasi guru dan orang tua dalam mengembangkan potensi anak sejak dini ?

Pentingnya kolaborasi / kerjasama guru dan orangtua

Orang tua adalah pendidik pertama dalam keluarga. Dalam tidak lanjut pendidikan, orangtua yang mempunyai ruang lingkup dan kapasitas yang sangat terbatas, sehingga orang tua perlu memberikan anak pendidikan yang baik dengan menyekolahkan ,disinilah dibutuhkan kerja sama yang baik antara guru dan orang tua anak, sehingga anak  selalu dalam pengontrolan baik di sekolah dengan guru maupun di rumah dengan orang tua nya.

Disini antara guru dan orang tua bisa saling  memberi informasi yang di lakukan anak baik disekolah maupun di rumah. Apakah ada perbedaan sikap yang di alami anak atau sikap anak yang tidak biasanya di lakukan di rumah atau di sekolah dan juga guru bisa menganalisis apa yang menjadi hambatan anak ketika mengikuti pembelajaran, sehingga bisa di komunikasikan oleh guru kepada orang tua anak, begitu sebaliknya orang tua harus bisa mengkomunikasikan dengan gurunya tentang keadaan anaknya di rumah ,Dengan Aktifitas Pembelajaran yang di sediakan  di sekolah, guru bisa mengetahui Minat Bakat Anak. Di sekolah guru memberikan  aktivitas kepada anak  yang di arahan sesuai minat bakat anak ,agar potensi ada pada anak bisa berkembang dengan baik dan guru selalu menceritakan atau memberikan informasi tetang potensi anak yang dimiliki kepada orang tua, sehingga tidak hanya di sekolah saja di kembangkan potensi anak, tapi sehendaknya orang tua memfasilitasi anak,  apa yang di butuhkan anak dalam mengembangkan potensi atau bakat yang di miliki anaknya sehingga perkembangan berkembang sesuai tahapannya dan lebih efektif dan efesien

Melalui kerjasama tersebut orang tua akan memperoleh pengetahuan dan pengalaman tentang tingkat perkembangan anaknya dalam mengikuti pembelajaran disekolah sebaliknya, guru dapat pula mendapatkan informasi tentang kondisi kejiwaan/psikologis anak yang dipengaruhi oleh lingkungan keluarganya, dan keadaan murid dalam kehidupannya ditengah-tengah masyarakat dan sebagainya.

 

 

  1. 2.      Analisis teori – teori yang mendukung kolaborasi guru dan orang tua dan beri satu contoh

Teori Morrison :

Menurut saya  benar ,bahwa menjalin kerjasama orang tua dan guru disini dibutuhkan segala/seluruh kemampuan orangtua yang dimiliki, dengan seluruh kemampuan yang digunakan orang tua mendapat manfaat dalam menjalin kerjasama dengan guru ,berupa orang tua memperoleh pengetahuan atau informasi yang di berikan seperti bagaimana meningkatkan tumbuh kembang anak secara optimal atau informasi dan hambatan yang di alami anak, sehingga orang tua dan guru mempunyai solusi dalam menyelesaikan hambatan tersebut,disini anak memperoleh keutungan akibat terjalinnya kerjasama yang baik dan optimal antara guru dan orang tua,yaitu anak bisa belajar lebih efektif dan efesien dan juga pertumbuhan dan perkembangan mereka bejalan sesuai tahapannya.

Contoh :

kemampuan orang tua dalam mencukupi gizi si anak itu akan membantu untuk pertumbuhan si anak

 

Teori Greenberg:

Menurut saya benar  kita sebagai guru tidak boleh membeda-bedakan orang tua dan selalu menghargainya, karna kita sebagai guru membutuhkan informasi tentang anak saat ia berada di rumah dan di lingkungan tempat tinggalnya. kita sebagai guru membutuhkan informasi dan harus senantiasa mendengarkan apa yang di jelaskan dan di informasikan  oleh orang tua baik mengenai tingkah si anak di rumah hubungan sosial si anak di lingkungan rumahnya dan juga hambatan yang dialami anak saat ia berada di lingkungan rumah. Kita sebagai guru membantu orang tua bagaimana membantu anak untuk belajar,baik guru maupaun pihak sekolah harus menjalin  kerjasama dengan orangtua ,keterlibatan orangtua di sekolah meringankan guru dalam membina kepercayaan diri anak mengurangi masalah disiplin dan meningkatkan motivasi anak dalam belajar dan bermain.

Contoh :

  • guru atau pihak sekolah mengadakan kunjungan rumah
  • mengadakan pertemuan dengan orang tua

Teori Spodek

Menurut saya benar, keterlibatan orang tua dalam pembelajaran membantu orang  tua menumbuhkan minat orang tua terhadap pentingnya pendidikan. proses keterlibatan  orang tua akan menguntungkan para orang tua dalam beberapa hal :orang tua mendapat manfaat dalam menjalin kerjasama dengan guru ,berupa orang tua memperoleh pengetahuan atau informasi yang di berikan seperti bagaimana meningkatkan tumbuh kembang anak secara optimal sehingga keterlibatan orang tua sangat di butuhkan jadi sehendaknya orang tua menyediakan waktu yang banyak dalam memerhatikan keadaan si anak dalam proses belajar maupun bermain

Contoh :

  • orang tua yang menyediakan waktu untuk mngantarkan anak nya ke sekolah
  • orang tua yang menyediakan waktu apabila ada pertemuan guru dan orang tua

Teori Chattermole dan Robinson

Menurut saya ,komunikasi adalah hal terpenting dalam menjalin kerjasama dengan orang tua dan guru ,jadi sebagai guru kita harus mempunyai kemampuan berkomunikasi yang baik dan tidak berbelit belit sehingga orang tua paham apa yan di informasikan guru, Dan sebaliknya orang tua harus bisa mengkomunikasikan dengan gurunya tentang keadaan anaknya di rumah melalui komunikasi yang baik ,orang tua akan memperoleh pengetahuan dan pengalaman tentang tingkat perkembangan anaknya dalam mengikuti pembelajaran disekolah sebaliknya, guru dapat pula mendapatkan informasi tentang kondisi psikologis anak yang dipengaruhi oleh lingkungan keluarganya, dan keadaan murid dalam kehidupannya ditengah-tengah masyarakat dan sebagainya.

Contoh : saat mengadakan pertemuan mingguan guru harus mampu menjelaskan dengan efektif tentang perkembangan si anak.

 

 

  1. 3.      Jelaskan lah pentingnya kemampuan berkomunikasi secara efektif dalam kaitan kolaborasi guru dan orang tua?

Kemampuan berkomunikasi yang efektif harus dimiliki oleh guru, guru sebagai komunikator  harus bisa mengkomunikasikan dengan baik kepada orang tua dengan jelas dan akurat sesuai apa yang di alami anak dalam ruang lingkup sekolah.guru mampu menggunakan kata yang bisa di pahami setiap orang tua dan tidak berbelit-belit,dengan itu orang tua merasa paham apa yang di informasikan oleh guru nya tentang perkembangan anaknya,sehingga bisa teralinya kerajasama yang baik dan efektif antara guru dan orang tua yang bertujuan dalam meningkatkan perkembangan anak agar efektif dan efesien. Dan sebaliknya orang tua harus bisa mengkomunikasikan dengan gurunya tentang keadaan anaknya di rumah melalui komunikasi yang baik ,orang tua akan memperoleh pengetahuan dan pengalaman tentang tingkat perkembangan anaknya dalam mengikuti pembelajaran disekolah sebaliknya, guru dapat pula mendapatkan informasi tentang kondisi psikologis anak yang dipengaruhi oleh lingkungan keluarganya, dan keadaan murid dalam kehidupannya ditengah-tengah masyarakat dan sebagainya.cara mengkomunikasi kan dengan orang tua, guru/pihak sekolah bisa melakukan dengan cara  mengadakan rapat 2x dalam sebulan atau kunjungan rumah atau pertemuan tahunan

Alasan lainnya guru harus mengetahui kebutuhan si anak dari orang tua dalam program pendidikan ,orang tua memerlukan keterangan yang jelas mengenai program dan pelaksaanannya,komunikasi yang baik membantu terselenggaranya  proses pendidikan yang baik.

 

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s